Nama :
Visca Yunia Septianti
Npm : 17516566
Kelas : 4PA07
Mata Kuliah : Sistem
Informasi Psikologi
REVIEW JURNAL
KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
Assalamualaikum wr,
wb. apa kabar kalian semuaaa :)
Setelah
postingan sebelumnya membahas mengenai definisi / pengertian dari Artificial Intelligence (kecerdasan
buatan) beserta teori-teorinya yang ada pada jurnal terkait. Pada
postingan kali ini saya akan mereview jurnal yang berjudul “Implementasi Artificial Intelligence Dalam Memetakan Karakteristik, Kompetensi,
dan Perkembangan Psikologi Siswa Sekolah Dasar Melalui Platform Offline”.
Hasil Review Jurnal:
Judul
|
Implementasi Artificial Intelligence Dalam Memetakan Karakteristik, Kompetensi,
dan Perkembangan Psikologi Siswa Sekolah Dasar Melalui Platform Offline.
|
Jurnal
|
Jurnal Education
Research Conference Keluarga Mahasiswa Pascasarjana (KMP) Universitas Negeri
Yogyakarta 2017.
|
ISBN
|
978-602-55661-8-9
|
Halaman
|
Hal. 18-27
|
Tahun
|
2017
|
Penulis
|
Ahmad Sudi Pratikno
|
Reviewer
|
Visca Yunia
Septianti
|
Tanggal
|
28 Desember 2019
|
Latar
Belakang Penelitian
|
Perkembangan IPTEKS
(Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Sains) terjadi dengan cepat. Perkembangan
IPTEKS tidak hanya terjadi di dunia industri, ekonomi, politik, lingkungan,
akan tetapi juga telah merambah ke dunia pendidikan.
Perkembangan IPTEKS
yang diiringi dengan rasa tanggung jawab yang tinggi akan membawa kemanfaatan
bagi semua orang yang menggunakan teknologi tersebut. Dampak negatif pun
dapat dikurangi dengan adanya sikap kehati-hatian dan rasa tanggung jawab
yang tinggi. Banyak manfaat yang dapat diambil dari perkembangan IPTEKS,
salah satunya yakni dalam dunia pendidikan. Peran IPTEKS dalam dunia
pendidikan diantaranya dapat
memudahkan guru untuk mengakses sumber belajar melalui internet. Meskipun
begitu, hadirnya teknologi mutakhir dalam dunia pendidikan dirasa masih
sangat minim ditemukan terutama di Indonesia. Berbagai kendala muncul seperti
akses sekolah yang masih sulit, infrasturktur kurang maksimal, dan
masalah-masalah lain. Salah satu teknologi mutakhir yang dapat diterapkan pada
dunia pendidikan yakni teknologi artificial intelligence atau sering
disebut sebagai kecerdasan buatan (AI).
AI (Artificial
Intelligence) merupakan teknologi yang dapat digunakan manusia sebagai
asisten bergerak layaknya robot namun keberadaannya berupa tampilan virtual
dalam suatu sistem komputer. AI dapat diibaratkan sebagai otak suatu
robot. Apabila kita meninjau perkembangan AI dan pemanfaatannya di luar
negeri, tentu kita akan tercengang setelah melihatnya. Fasilitas dan sarana
yang mencukupi menjadikan beberapa negara eropa dan amerika telah memulai
riset mengenai AI untuk diterapkan di berbagai sektor mulai dari pendidikan,
ekonomi, maupun bidang pertahanan negara.
Beberapa prosiding
menyajikan pemanfaatan AI di dunia pendidikan dengan melibatkan berbagai
jenjang pendidikan dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Pemanfaatan
yang terlihat antara lain seperti AI sebagai asisten digital dalam
menampilkan tutorial pembelajaran, sebagai sistem dalam mengevaluasi siswa,
sebagai sistem dalam layanan obrolan siswa, serta contoh-contoh lainnya
Pada pembahasan
kali, penelitian yang akan dilakukan adalah dengan menerapkan teknologi AI
sebagai asisten digital yang mampu memetakan karaktersitik, kompetensi, serta
perkembangan psikologi siswa SD di Indonesia melalui suatu jaringan sistem offline.
Penerapan artificial intelligence (AI) ini dilakukan berbasis offline karena
kondisi koneksi internet di Indonesia kurang stabil dan merata.
Penerapan artificial
intelligence bagi dunia pendidikan akan memunculkan terobosan baru bagi
penerapan pembelajaran berbasis IPTEK terutama di abad ke 21. Kompetensi
orang tua dan guru dalam memahami perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
(IPTEK) dapat dilatih dan ditingkatkan dengan hadirnya teknologi artificial
intelligence. Oleh sebab itu, diharapkan melalui penelitian ini akan
memicu munculnya inovasi-inovasi baru dalam pendidikan di masa mendatang.
|
Tujuan
Penelitian
|
Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut:
• Mengaplikasikan
adanya artificial intelligence (kecerdasan buatan) dalam dunia
pendidikan khususnya untuk memetakan karakteristik, kompetensi, dan
perkembangan psikologi siswa sekolah dasar di Indonesia.
• Menelaah hambatan, manfaat yang diperoleh, serta faktor
yang mempengaruhi dari penerapan artificial intelligence.
|
Kajian
Pustaka
|
A. Artificial Intelligence
Teknologi AI (Artificial
Intelligence) adalah salah satu bentuk kemajuan yang sangat pesat dari
perkembangan IPTEKS di dunia. Teknologi AI masih sangat luas cakupannya
sehingga pemanfaatannya juga bermacam-macam di berbagai bidang. Dunia
pendidikan adalah salah satu bidang yang dapat mengadopsi adanya teknologi
AI.
Teknologi AI
merupakan teknologi yang menciptakan sebuah sistem dan memungkinkan komputer
sebagai salah satu mediumnya dalam rangka melakukan proses interaksi dan memudahkan
manusia dalam menjalankan kegiatan sehari-hari.
Artificial
intelligence memberikan
kemudahan kepada manusia apabila keberadaannya dimaksimalkan untuk hal-hal
positif. Haugeland (1996) berpendapat bahwa AI merupakan mind design yang
artinya mencitpakan sistem yang mirip dengan cara kerja otak manusia.
B. Karakteristik, Kompetensi, dan Perkembangan Psikologi Siswa SD
Karakteristik siswa
merupakan ciri khas yang dimiliki oleh masing-masing siswa dalam berperilaku
sehari-hari maupun saat belajar di sekolah. Pentingnya mengetahui
karakteristik siswa bagi guru adalah sebagai pertimbangan untuk pemberian treatment
yang sesuai dan memperoleh hasil yang maksimal dalam proses pembelajaran.
Pemberian treatment tersebut misalnya pertimbangan memilih strategi,
metode, model, maupun media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik
siswa. Karakteristik yang dijadikan sebagai acuan dalam pemetaan melalui platform
offline adalah gaya belajar dan perilaku siswa.
Kompetensi siswa
yang dimaksud disini yakni kemampuan siswa dalam menyerap dan memahami materi
yang diberikan oleh guru. Kompetensi yang dimaksud dapat berupa kemampuan
kogntiif siswa, kemampuan afektif siswa, dan kemampuan psikomotorik siswa.Hal
lain yang dapat ditampilkan adalah tentang prestasi siswa dan skor IQ, EQ,
dan SQ pada siswa. Kompetensi siswa penting untuk dimasukkan ke dalam
teknologi AI ini karena berguna untuk guru dalam memberikan bimbingan kepada
siswa, serta bagi orang tua dapat dijadikan sebagai bahan refleksi maupun
upaya orang tua untuk membuat anaknya pandai dalam memahami ilmu pengetahuan.
Pemetaan
perkembangan psikologi siswa terutama siswa SD memberikan gambaran kepada
orang tua maupun guru di dalam mengambil sikap terutama pada saat proses pembimbingan
di sekolah oleh guru maupun saat proses pengawasan oleh orang tua pada saat anak
berada di rumah. Perkembangan psikologi perlu dipantau secara berkala yang
tentu memiliki berbagai manfaat. Manfaat yang dapat diperoleh diantaranya
guru dan orang tua dapat mendeteksi apakah si anak terkena bullying saat
di sekolah maupun saat di lingkungan bermain. Kedua, adalah mengidentifikasi
tipe kepribadian anak, apakah si anak memiliki kepribadian introvert,
ekstrovert, atau ambivert. Ketiga yakni pemetaan psikologi siswa dapat memberikan
guru bekal dan informasi untuk menempatkan siswa di lingkungan yang sesuai dan
selayaknya.
Munculnya teknologi
AI menjadi angin segar bagi kemajuan dunia pendidikan di Indonesia. Hal ini
bukan tanpa alasan, karena selama ini kemajuan IPTEKS masih dominan diadopsi
di dunia industri, ekonomi, dan bidang-bidang lain. Dunia pendidikan sendiri memiliki
peranan penting dalam memajukan suatu bangsa. Berkaitan dengan hal tersebut, ekpansi
adanya teknologi AI
dapat dimaksimalkan untuk
kepentingan monitoring karakteristik,
kompetensi, dan perkembangan psikologi siswa SD. Apabila inovasi ini
benarbenar terwujud, maka semua pihak akan merasakan kemudahan dalam memantau
siswa.
C. Platform
Offline
Platform offline merupakan sebuah “wadah” yang di dalamnya
terdapat integrasi sistemdengan berbagai menu pada sebuah komputer. Platform
merupakan sebuah kelompok teknologi yang digunakan dalam bentuk aplikasi,
pemrosesan, atau berupa teknologi yang sedang dikembangkan. Perbedaan platform
offline dengan platform online terletak pada penggunaan internet.
Internet adalah sarana penghubung antara data di server dengan perangkat yang
ada di masyarakat. Pengembangan platform offline diambil dalam
penelitian ini dengan beberapa pertimbangan karena kondisi jaringan internet
yang ada di Indonesia masih belum merata, peralatan yang tersedia masih
terbatas jumlahnya, serta operator yakni guru masih belum mahir dalam
mengoperasikannya. Keuntungan yang dapat diambil dengan adanya teknologi AI
berbasis platform offline diharapkan dapat diakses oleh semua lapisan masyarakat
dan pihak yang terkait tanpa adanya koneksi internet sama sekali. Platform
offline ini dapat berjalan di sistem operasi iOS dan Android maupun berbasis
web dengan skema LAN (Local Areal Network).
|
Metode
Penelitian
|
Metode penelitian yang digunakan yaitu metode
penelitian kualitatif-deskriptif.
Indikator yang digunakan dalam penelitian yang akan dilakukan yakni dengan meninjau apakah nantinya
apabila teknologi AI ini akan diterapkan, dampak positif yang ditimbulkan cenderung
lebih besar daripada dampak negatif yang timbul.
|
Subjek
Penelitian
|
Subjek penelitian ini adalah siswa SD (sekolah
dasar) di daerah Kota Bantul, Yogyakarta.
|
Teknik
Pengumpulan Data
|
Teknik
yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:
•
Teknik purposive
sampling
Sampel penelitian dilakukan dengan teknik purposive
sampling dengan beberapa pertimbangan
sebagai berikut:
(1)
siswa yang berada di SD Negeri se Kota Bantul memiliki keberagaman dalam hal
kompetensi dan karkateristik; (2) guru yang mengajar di sekolah tersebut
adalah guru yang sudah profesional dan berkompeten dalam mengajar dan
mendidik siswa.
Sampel penelitian yang dipilih berjumlah 4 sekolah,
antara lain: SDN Bantul Warung, SDN 1 Bantul, SDN 3 Bantul, dan
SD Bantul Timur. Keempat SD tersebut merupakan SD yang berada di kota Bantul
dan memiliki prestasi yang baik di tingkat nasional maupun internasional.
•
Teknik non-randomized
sampling
Teknik pemilihan SD tersebut menggunakan teknik non-randomized sampling. Teknik ini
menjadikan sampel penelitian diambil dengan berbagai pertimbangan kritis dan
ketat oleh peneliti sehingga diharapkan penelitian sesuai dengan yang
diharapkan.
|
Hasil
dan Pembahasan
|
Hasil
dari penelitian ini diharapkan dapat di-ekspansi ke seluruh SD yang
ada di Indonesia. Melalui teknologi AI, berbagai langkah yang penting dapat
dilakukan dengan dasar pertimbangan yang matang dan diharapkan menghasilkan
keputusan yang tepat. Misalnya dalam perpindahan siswa antar sekolah, dapat didata
secara online melalui data yang diperoleh dari sekolah asal.
Teknologi
AI membutuhkan sarana dan prasarana yang tepat. Hal ini juga menjadi pertimbangan
pemilihan sampel penelitian dilakukan pada sekolah dasar negeri di Kota Bantul,
Yogyakarta.
Artificial
intelligence adalah bentuk dari
puncak IT yang dapat menyatukan, mengumpulkan, dan merancang kecerdasan
manusia dalam bentuk sistem. Sistem
ini akan ditemukan polanya dan kemudian diaplikasikan untuk melaksanakan
pekerjaan. Berawal dari perkembangan AI maka dapat diciptakan robot hingga
hologram atau bardcode canggih. Sesuatu yang tidak hanya dapat mempermudah
pekerjaan manusia, akan tetapi mirip dan dapat bekerja layaknya manusia
normal lainnya.
Penerapan artificial intelligence harus
mempertimbangkan nilai aksiologi, epiistemologi, dan ontologi dalam sudut
pandang filsafat ilmu. Hal ini disebabkan karena suatu ilmu haruslah
bermanfaat bagi kemaslahatan manusia, terutama untuk memenuhi kebutuhan orang
banyak. Oleh sebab itu, diharapkan penelitian ini akan memberikan dampak yang
baik terhadap pemanfaatan teknologi AI di masa mendatang.
|
Kelebihan
Jurnal
|
• Penulis terlihat
sangat menguasai dan juga mendalami materi karena setiap bagian jurnal
dijelaskan dengan detail dan dengan kejelasan bahasa yang digunakan sehingga
memudahkan dalam memahami isi jurnal dan menjelaskan dengan baik apa yang
penulis inginkan.
• Tata cara penulisan
dan isi abstrak sudah baik karena penulis dapat memberikan gambaran
menyeluruh mengenai kegiatan penelitian tentang Implementasi Artificial
Intelligence Dalam Memetakan
Karakteristik, Kompetensi, dan Perkembangan Psikologi Siswa Sekolah Dasar
Melalui Platform Offline.
• Telah dipaparkan
dengan jelas mengenai penelitian yang telah dilakukan mulai dari pendahuluan
atau latar belakang, metode penelitian dan teknik pengambilan sampel
yang digunakan.
• Penulisan dalam
jurnal sesuai dengan EYD atau Ejaan Yang Disempurnakan
• Dilengkapi dengan adanya
gambar skema jaringan yang akan diterapkan dalam teknologi AI atau gambar Design
jaringan pada platform offline.
• Kelebihan dalam jurnal juga
terletak pada meteri yang cukup lengkap terlihat pada sub-sub judul dalam
jurnal tersebut yang lengkap dan mendetail, kemudian kelebihan dari jurnal
tersebut adalah penulis dapat mengembangkan beberapa poin-point kecil namun
cukup penting untuk di kaji, dan penulis melakukannya dengan cukup baik.
|
Kekurangan
Jurnal
|
• Space penulisan
tidak teratur, tiap paragraph ada yang menjorok kedalam dan ada pula yang
tidak menjorok kedalam.
•
Tidak ada saran untuk
penelitian selanjutnya
• Pemaparan yang
jelas secara keseluruhan menjadikan jurnal ini jauh dari kelemahan dalam
penulisannya.
|
Kesimpulan
dan Saran
|
Penelitian dalam
jurnal ini diharapkan dapat diaplikasikan dan digeneralisasikan tidak hanya
pada jenjang sekolah dasar, namun juga pada jenjang pendidikan yang lebih
tinggi. Kendala, serta faktor-faktor yang muncul selama penerapan teknologi
ini dapat digunakan sebagai bahan relfeksi untuk penerapan teknologi yang
jauh lebih baik di masa mendatang.
|
DAFTAR PUSTAKA
https://www.researchgate.net/publication/326587213_Implementasi_Artificial_Intelligence_dalam_Memetakan_Karakteristik_Kompetensi_dan_Perkembangan_Psikologi_Siswa_Sekolah_Dasar_Melalui_Platform_Offline
Pratikno, A. S. (2017). Implementasi Artificial Intelligence Dalam Memetakan Karakteristik, Kompetensi, dan Perkembangan Psikologi Siswa Sekolah Dasar Melalui Platform Offline. Jurnal Education Research Conference Keluarga Mahasiswa Pascasarjana (KMP) Universitas Negeri Yogyakarta 2017. 18-27
Pratikno, A. S. (2017). Implementasi Artificial Intelligence Dalam Memetakan Karakteristik, Kompetensi, dan Perkembangan Psikologi Siswa Sekolah Dasar Melalui Platform Offline. Jurnal Education Research Conference Keluarga Mahasiswa Pascasarjana (KMP) Universitas Negeri Yogyakarta 2017. 18-27
Tidak ada komentar:
Posting Komentar