Nama : Visca Yunia Septianti
Npm : 17516566
Kelas : 4PA07
Mata Kuliah : Sistem Informasi Psikologi
Mata Kuliah : Sistem Informasi Psikologi
ARSITEKTUR KOMPUTER
DAN
STRUKTUR KOGNITIF MANUSIA
1. ARSITEKTUR KOMPUTER
Arsitektur
komputer merupakan ilmu
sekaligus sebagai suatu seni mengenai cara interkoneksi antara berbagai
komponen perangkat keras atau hardware untuk
menciptakan sebuah komputer yang dapat memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja,
dan target biayanya.
A. Definisi Arsitektur Komputer
(menurut tokoh/ahli):
Menurut Suryadi (1994) Arsitektur komputer adalah cetak biru
dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain
(kecepatan proses dan system interkoneksinya).
Menurut Munazilin (2017) Arsitektur Komputer adalah bagian
yang terkait erat dengan unit–unit perasional dan interkoneksi antar
komponen penyusun sistem komputer dalam merealisasikan
aspek arsitektur-nya.
Menurut Arif (2019), arsitektur komputer merupakan atribut sistem yang visible untuk programmer atau atribut-atribut yang memiliki dampak langsung pada eksekusi logis suatu program.
Berdasarkan tiga pendapat ahli diatas dapat disimpulkan bahwa arsitektur komputer adalah bagian atau atribut sistem yang terdiri dari serangkaian aturan dan metode yang berkaitan erat dengan unit–unit perasional dan interkoneksi antar komponen penyusun sistem komputer dalam merealisasikan aspek arsitektur-nya.
B.
Komponen Arsitektur Komputer
Komponen-komponen
arsitektur komputer yaitu sebagai berikut:
1.
Motherboard
Komponen komputer tempat kita
menancapkan atau memasangkan komponen-komponen komputer lainnya seperti
processor, video card, sound card, hard disk, dan lain sebagainya. Motherboard
berfungsi untuk menghubungkan setiap komponen-komponen komputer tersebut agar
bisa saling berkomunikasi satu sama lain. Setiap motherboard memiliki
spesifikasi-nya masing-masing, spesifikasi seperti processor apa yang
didukungnya dan berapa kapasitas maksimal RAM yang didukung oleh motherboard
tersebut.
2.
Processor
Jika sebuah komputer diibaratkan sebagai
seorang manusia, maka processor adalah otak manusia tersebut. Processor atau
CPU (Central Processing Unit) adalah sebuah komponen komputer yang bertugas
untuk mengeksekusi instruksi atau melakukan perhitungan-perhitungan.
3. RAM
Singkatan dari Random
Access Memory, yaitu sebuah komponen komputer yang berfungsi untuk menyimpan
data sementara dari suatu program yang sedang kita jalankan dan data-data
tersebut bisa diakses secara acak atau random.
4. Hardware
Perangkat keras dalam sistem komputer yang merupakan
komponen yang secara fisik dapat dilihat dan diraba yang membentuk suatu
kesatuan sehingga dapat difungsikan. Contonya: keyboard, mouse, cpu, monitor,
printer.
5. Software
Perangkat lunak adalah suatu program
yang berisi instruksi-instruksi (perintah) yang dimengerti oleh komputer.
Perangkat komputer yang terdiri dari jutaan komponen elektronik tidak dapat
melakukan kegiatan apapun tanpa adanya software. Contohnya: sistem
operasi, aplikasi.
6.
Brainware
Pemakai komputer atau orang yang
mengoperasikan computer karena secanggih apapun komputer jika tidak ada orang
yang mengopersikannya maka komputer tersebut tidak dapat digunakan. Contohnya:
sistem analisa, 7operator, dan programmer.
C.
Bagian-bagian utama dalam arsitektur komputer:
![]() |
Bagian Utama Arsitektur Komputer |
Arsitektur komputer memiliki 4 (empat) bagian utama yang bekerja, yaitu:
a. CPU
(Central Prosessing Unit)
CPU merupakan
bagian fungsional yang utama dari sebuah sistem komputer, dapat dikatakan bahwa
CPU merupakan otak dari sebuah komputer.
Perhitungan angka binary dilakukan
di ALU yang kemudian menghasilkan informasi dan disebut dengan data.
b. Memory
Memori adalah
bagian fungsional komputer yang berfungsi untuk menyimpan program dan data. Memori terbagi atas 2 bagian yaitu
:
– RAM (Random Access Memory)
RAM Adalah memori yang dapat dibaca atau ditulis.
– RAM (Random Access Memory)
RAM Adalah memori yang dapat dibaca atau ditulis.
– ROM
(Read Only Memory)
ROM Adalah memori yang hanya dapat dibaca.
ROM Adalah memori yang hanya dapat dibaca.
c.
Control Unit
Pada control unit berfungsi
untuk mengatur tugas diantara bagian-bagian lain untuk mengorganisasikan
komputer secara optimal.
d.
Input dan Output
proses komputer
sendiri mempunyai tiga alur yaitu input,
proses, dan output.
Untuk melakukan
hubungan dengan piranti di luar sistem komputer membutuhkan perantara Input / Output. Perangkat Input / Output sebagai jembatan
penghubung antara mikrokomputer dengan piranti di luar system sehingga dapat
menerima data dari mikrokomputer, dan dapat pula memberi data ke mikrokomputer.
D.
Tingkatan Dalam Arsitektur Komputer:
Arsitektur
komputer juga memiliki tingkatan-tingkatan di dalamnya, dimana di setiap
tingkatan-tingkatan tersebut terlihat perbedaan yang paling sederhana yaitu
adanya perbedaan antara hardware dan software. Berikut
ini merupakan tingkatan-tingkatan dalam arsitektur komputer, yaitu:
1. Tingkatan
Dasar Arsitektur Komputer
Pada
tingkatan ini Hardware sebagai
tingkatan komputer yang paling bawah dan paling dasar, dimana pada hardware ini
“layer”
software ditambahkan. Software tersebut berada di atas
hardware, menggunakannya dan mengontrolnya.
2. Multilayerd
Machine
Tingkatan dasar arsitektur komputer kemudian
dikembangkan dengan memandang sistem komputer keseluruhan sebagai “multilayered
machine” yang terdiri dari beberapa layer software di atas beberapa
layer hardware.
Berikut tingkatan layer tersebut diantaranya :
- Physical Device Layer: merupakan layer komponen elektrik dan elektronik
- Digital Logic Layer: merupakan layer yang berisi semua operasi mesin yang paling dasar.
- Microprogrammed Layer: merupakan layer yang menginterprestasikan instruksi bahasan mesin.
- Machine Layer: adalah tingkat yang paling bawah dimana program dapat dituliskan dan memang hanya instruksi bahasa mesin yang dapat diinterprestasikan secara langsung oleh hardware.
- Operating System Layer: layer yang mengatur atau mengontrol cara yang dilakukan oleh software dalam menggunakan hardware yang tersedia.
- Higher Order Software Layer: mencakup semua bahasa mesin yang memerlukan penerjemahan ke dalam bahasa selain bahasa mesin yang memerlukan penerjemahan ke kode mesin sebelum mereka dapat dijalankan.
- Applications Layer: yaitu bahasa komputer yang dilihat seperi end-user.
2. STRUKTUR KOGNITIF MANUSIA
Menurut
Piaget (dalam Solso et. al.,
2007) struktur kognitif merupakan mental framework yang dibangun seseorang dengan
mengambil informasi dari lingkungan dan menginterpretasi, mereorganisasi, serta
mentransformasikannya.
Menurut Darwis dan Mas'ud (2017) struktur kognitif yaitu
perbendaharaan pengetahuan pribadi individu yang mencakup ingatan jangka
panjangnya (long-term memory).
Menurut Lefudin (2017) struktur kognitif merupakan suatu
struktur organisasional yang ada dalam ingatan seseorang yang mengintegrasikan
unsur-unsur pengetahuan yang terpisah ke dalam suatu unit konseptual.
Berdasarkan penjelasan beberapa tokoh diatas
mengenai struktur kognitif, maka dapat diartikan bahwa struktur kognitif manusia sebagai struktur organisasional yang ada
dalam ingatan seseorang dengan mengambil informasi dari lingkungan yang
mencakup ingatan jangka panjangnya (long-term
memory).
REFERENSI:
Arif, M. F. (2019). Arsitektur organisasi dan komputer. Pasuruan: Qiara Media.
Darwis,
H., Mas'ud, H. (2017). Kesehatan
masyarakat dalam perspektif sosioantropologi. Makassar. CV SAH MEDIA
Lefudin. (2017). Belajar
dan pembelajaran dilengkapi dengan model pembelajaran, strategi pembelajaran,
pendekatan pembelajaran dan metode pembelajaran.
Yogyakarta: DeePublish.
Munazilin,
A. (2017). Arsitektur komputer. Yogyakarta: Deepublish.
Solso,
R. L., Maclin, O. H., dan Maclin, M. K (2007). Psikologi Kognitif. Edisi ke-delapan. Jakarta: Penerbit
Erlangga
Suryadi. (1994). Pengantar
arsitektur komputer. Depok: Universitas Gunadarma.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar